Saturday 14 November 2020

Mengenal Sorong Selatan

 Para pejalan pasti sudah sangat familiar dengan Sorong yang jadi gerbang menuju Raja Ampat. Tapi, bagaimana dengan Sorong Selatan? Pasti nama itu masih asing di telinga kamu.

Sorong Selatan terletak di Provinsi Papua Barat dan merupakan kabupaten pemekaran dari Sorong. Pemekarannya sendiri terjadi sudah agak lama, yakni pada tahun 2002 silam. Ibukota Kabupaten Sorong Selatan adalah Distrik Teminabuan. Selain Teminabuan, ada 14 distrik lain di kabupaten ini. Kalau mau ke sini dari Sorong, kamu bisa pilih salah satu: naik mobil, kapal, atau pesawat.

Terus, di Sorong Selatan ada atraksi wisata apa saja?

Tugu Trikora

Di Sorong Selatan, kamu bisa belajar sejarah. Mungkin nggak banyak yang tahu kalau Teminabuan adalah salah satu saksi bisu dari peristiwa pembebasan Irian Barat. Cerita singkatnya begini:

Pada tahun 1961, terjadi peningkatan ketegangan dalam konflik Indonesia-Belanda tentang status Irian Barat. Di pantai sebelah selatan Irian, bentrokan terjadi di mana-mana, seperti di Merauke, Kaimana, Fak-Fak, dan Sorong. Bentrokan di Sorong terjadi di Desa Wersar, Distrik Teminabuan, yang kemudian jadi Ibukota Kabupaten Sorong Selatan.

Tanggal 19 Mei 1962, sebagai bagian dari operasi pembebasan, langit Irian Barat tiba-tiba

Prasasti di Tugu Trikora

penuh parasut karena Angkatan Ud huara Republik Indonesi (AURI) menerjunkan satu kompi (80 orang) Pasukan Gerak Tjepat (PGT) yang sekarang disebut Kopaskhas TNI-AU. Tapi malang, 53 prajurit gugur dan 27 lainnya menjadi tawanan Belanda.


Di Sorong Selatan juga memiliki tarian Tradisional yang sering di tampilkan di setiap

Para Wanita yang Berpakaian Adat

Hari Raya Adat,Agama maupun di hari Kenegaraan, tarian ini sering di tampilkan. Nama Tariannya biasa di sebut Slawa,Worok,Srar ( mungkin masih ada lain yang saya belum tau). Saya berharap bagi anak-anak mudah saat ini bisa mewarisi budaya agar budaya ini tidak hilang.

Ada lagi sungai-sungai yang mengalir deras dan sangat indah dan tempat wisata yang wajib dikunjungi:

1.Air Terjun Kohoin

2. Kali Panta Kapal

3. Jembatan Pelangi


4. Air Terjun Sevese


5.Air Terjun Sevrok

6.Air Terjun Sesna

7. Keindahan Alam Di Ketinggian

8.Kali Sembra

9.Tugu Raja Anggok Konjol Onim

10. Tugu Pendaratan Injil



Masih banyak lagi yang belum saya kunjungi semoga ini membantu Anda untuk dapat mengenal Sorong Selatan

Bagaimana apakah Anda mau berkunjung ke Sorong Selatan?

Saya sebagai Penulis hanya ingin Berbagi Cerita Tentang Sorong Selatan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan ini, Terima kasih 🙏🙏


No comments:

Kumpulan Gambar Pemandangan di Teminabuan Sorong Selatan Papua Barat

 Gambar-gambar di Sorong Selatan Jembatan di Wersar Mangrove Seribau Pelabuhan Wersimar Mangrove Seribau Mangrove Seribau Gereja Alfa Wersar...