Sunday 30 August 2020

9 Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan Beserta Cara Mengolahnya

 


9 Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan Beserta Cara Mengolahnya
  •  
  •  
  •  
TRENDING | 18 Januari 2020 08:01Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Sirsak dikenal sebagai buah yang memiliki rasa asam. Rasa asamnya itu membantu menyegarkan kepala ketika penat melanda. Meski asam namun banyak manfaat yang terkandung dalam buah sirsak ini.

Salah satunya manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti dapat meredakan saluran pernapasan. Tapi tidak hanya buahnya saja, ternyatadaun sirsak juga menyimpan banyak manfaat. Di antaranyamanfaat daun sirsak untuk kecantikan.

Bagi para perempuan wajib tahu apa manfaat daun sirsak untuk kecantikan. Berikut manfaat daun sirsak untuk kecantikandari berbagai sumber:

1 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan

Melawan Tanda Penuaan Kulit

Daun sirsak memiliki kandungan bernutrisi tinggi seperti antioksidan dan vitamin C. bukan hanya pada daunnya, buahnya pun juga. Guna mendapatkan manfaat daun sirsak untuk kecantikan, Anda bisa membuat masker sendiri.

  • Tumbuk halus 3 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih, campur dengan 1 sendok makan perasan lemon.
  • Mencuci wajah menggunakan air hangat terlebih dahulu.
  • Kemudian balurkan masker daun sirsak pada wajah.
  • Setelah didiamkan selama 30 menit, terakhir bilaslah menggunakan air biasa hingga bersih.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan buah sirsak sebagai menu konsumsi. Kandungan asam karbonat dan vitamin C akan membantu proses selain dari masker tadi. Zat di dalamnya meningkatkan kadar antioksidan di tubuh dan membantu mengurangi tanda keriput.

2 dari 7 halaman

Mengurangi Flek Hitam

hitam rev1

Apakah Anda mengeluhkan bintik-bintik flek hitam di wajah? Masker daun sirsak adalah jalan keluar Anda dengan bahan alami. Kandungan di dalamnya membantu memudarkan flek hitam, dengan cara

Sediakan 6 lembar daun sirsak yang ditumbuk halus, tambahkan sedikit air mawar, kemudian oles pada wajah sebagai masker. Sambil dipijat lembut dan tunggu hingga cukup meresap, baru dibilas bersih.

3 dari 7 halaman

Menyembuhkan Jerawat dan Penyakit Kulit Lain

dan penyakit kulit lain rev1

Jerawat menjadi momok bagi banyak wanita di Indonesia. Manfaat daun sirsak untuk kecantikan selanjutnya bisa Anda coba untuk mengatasi sakit kulit ini.

Selain menggunakan masker daun sirsak seperti langkah sebelumnya, Anda bisa mengusapkan daun sirsak segar pada luka kulit, seperti jerawat, cacar, dan kusta. Kemudian diamkan daun hingga layu baru wajah dicuci bersih.

4 dari 7 halaman

Mencerahkan Kulit Wajah

wajah rev1

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan selanjutnya ialah mampu membantu mencerahkan wajah. kandungan vitamin C dapat Anda tambahkan dengan bahan lain. Membuat masker wajah seperti :

  • Tumbuk halus 3 lembar daun sirsak yang sudah bersih.
  • Campurkan dengan sendok makan madu dan sendok makan perasan lemon.
  • Pijat lembut seluruh wajah menggunakan ramuan herbal Anda, dan tunggu hingga cukup meresap.
  • Setelah didiamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.


Cara lain untuk mendapatkan khasiat daun sirsak ini, bisa Anda merebus 5 lembar daun sirsak dengan 1 gelas air. Kemudian saring, ketika sudah cukup hangat kuku tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok perasan lemon. Minuman siap dinikmati.

5 dari 7 halaman

Mengurangi Komedo

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan yang baik untuk kesehatan kulit berikutnya, masalah komedo. Selain mengobati jerawat, masker daun sirsak akan membantu kulit Anda menghilangkan komedo.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda bosan dengan lipatan di perut? Atau sedang dalam masa program diet? Daun sirsak siap menemani menu menurunkan berat badan Anda.

Daun sirsak akan membantu membakar lemak jahat, serta memperlambat rasa lapar. Minumlah ramuan daun sirsak seperti cara sebelumnya, sebagai alternatif menurunkan berat badan Anda secara alami.

6 dari 7 halaman

Mencegah Rambut Rontok

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan tidak hanya bagi kesehatan kulit Anda saja, namun juga keindahan rambut. Seperti yang telah disebut sebelumnya mengenai kandungan vitamin C, mampu mencegah kerontokan rambut.

Nutrisi yang dibutuhkan rambut, akan dibantu tercukupi oleh pasokan dari daun sirsak yang berkhasiat.

Mengurangi Ketombe

Daun sirsak memiliki sifat anti-parasit, sehingga mampu membantu mengurangi ketombe secara alami. Teraturlah melakukan proses ini, tumbuk halus daun sirsak, kemudian balurkan pada kulit kepala. Jika sudah merata sempurna, bilas menggunakan shampo ketika mandi.

7 dari 7 halaman

Mengusir Kutu

Melalui cara di atas, selain mendapatkan manfaat mengurangi ketombe, Anda juga akan mendapatkan manfaat lain, yakni mengusir kutu.

Selain menggunakan daun sirsak sebagai perawatan dari luar, pastikan Anda menambahkan pula perawatan dari dalam. Menggunakan masker dan menggosokkan daun sirsak segar pada kulit. Kemudian mengonsumsi buah sirsak atau jus buahnya, serta minum ramuan herbal dari rebusan daun sirsak.

Itulah beberapa manfaat daun sirsak untuk kecantikan beserta cara mengolahnya ini dapat menjadi alternatif bahan alami menjaga kecantikan Anda. Semoga bermanfaat.

(mdk/kur)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

DAFTARKAN

No comments:

Kumpulan Gambar Pemandangan di Teminabuan Sorong Selatan Papua Barat

 Gambar-gambar di Sorong Selatan Jembatan di Wersar Mangrove Seribau Pelabuhan Wersimar Mangrove Seribau Mangrove Seribau Gereja Alfa Wersar...