Monday 20 January 2020

Mengenal Sosok Pencipta Lagu Irsingit

Mengenal sosok Pencipta Lagu Irsingit

Tak kenal maka Tak sayang mungkin kata ini yang harus saya awalai dari postingan saya kali ini.
Jauh dari keramaian kota disana ada sebuah kampung bernama Kampung Wersar yang terletak di Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan.
Disana ada sosok Perempuan yang berbakat sering menciptakan Lirik-lirik lagu dalam bahasa Daerah ( Bahasa Tehit ).
Dia Seorang Guru yang teladan sejak Desember 2019 adalah masah Pensiunnya,sedih ketika kehilangan sosok seorang Guru yang tak lagi mengajar dan membimbing anak muridnya. Terimakasih guruku atas semua ilmu yang telah engkau berikan kepadaku.
Lagu Irsinggit //youtu.be/jECt5ZhK2Tg
Ibu Dolly Melles dia sang Pencipta Lagu Irsingit lahir di Dom 05 Desember 1959 dan di besarkan di Kampung Wersar. Dia memiliki 4 orang anak dan 5 orang cucu.
Disini saya ingin bercerita sedikit tentang Lagu Irsingit ini sudah sering terdengar di seluruh pelosok Tanah Papua,dan beberapa kali di nyanyikan oleh beberapa Artis Papua yang sudah berkanca di Panggung hiburan di Ibukota Jakarta sering terdengar lantunan lagu ini. Lagu ini sering di nyanyikan oleh masyarakat saat penyambutan Pejabat daerah dalam acara2 adat, di sekolah selalu di ajarkan tarian menggunakan lagu Irsingit versi Lawas dengan tempo yang lambat .
Disini saya bercerita sedikit tentang lagu ini, Lagu yang sudah di aransemen oleh Grup Vocal Rio Grem ini sangat enak  di dengar,dan  jika ada yang ingin mendengar versi aslinya nanti bisa mampir ke SD YPK Alfa Wersar setiap tahun ujian Praktek bagi anak SD kelas 6 ( enam) selalu di tampilkan tarian adat dengan menggunakan lagu Irsingit ini.
Mungkin cerita tentang Sang Pencipta Lagu Irsingit ini untuk membantu ingatan Kaum Muda sekarang dengan menciptakan lagu itu harus ada makna dari lagu itu dan menciptakan sebuah lagu itu tidak asal-asalan dengan kata-kata yang tidak membangun,sukses selalu untuk sang pencipta lagu dimana saja berada,Tuhan Berkati selalu jadi yang terbaik untuk Tanah Papua.
Note: Akhir kata jika ada salah dalam penulisan ini mohon di maafkan jika belum sempurna mohon berikan komentar yang positif dan membangun.

Mari bercerita tentang lingkungan dimana anda berada 
Salam Penulis yang tak sempurna ini 🙏🙏🙏😇😍







No comments:

Kumpulan Gambar Pemandangan di Teminabuan Sorong Selatan Papua Barat

 Gambar-gambar di Sorong Selatan Jembatan di Wersar Mangrove Seribau Pelabuhan Wersimar Mangrove Seribau Mangrove Seribau Gereja Alfa Wersar...