About Me

Foto Saya
Herlina Makabe
Teminabuan, Papua Barat, Indonesia
Salah satu hal yang paling sukar di dunia adalah menerima kritik dan mengubahnya menjadi keuntungan bagi diri anda Aq baik kok tapi kalau marah bisah ngamuk kaya nyamuk M:ungkin e:ngkau y:ang bisa jadi teman QU
Lihat profil lengkapku

Followers

CHATING YM

JAM 'WAKTU

Blog Archive

Total Tayangan

Pages

Calendar


Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive


Jika menjelang natal seperti ini, tentu akan banyak persiapan yang dilakukan. Selain mempersiapkan iman percaya kita untuk menjadi manusia baru saat kristus lahir dan turun kedunia, sepertinya persiapan untuk memeriahkan natal pun tak luput kita lakukan seperti memasang pohon terang dirumah, membeli atau membuat kue natal, melakukan persiapan untuk tukar kado hadiah bahkan biasanya anak-anak kecil mendapatkan kado natal yang biasanya yaitu baju natal baru atau sepatu baru.
Jadi tradisi natal yang tiap tahun kita peringati tentu saja akan sangat familiar kita lakukan, adapun kebiasaan penulis saat menyambut natal yaitu mulai dari beres-beres rumah karena saat natal and tahun baru seperti menjelang ini pasti family akan berkumpul, lalu memasang pohon terang beserta dengan pernak-perniknya, membeli makanan natal karena repot kalo ingin bikin maklum dirumah ngk ada pembantu hihihi, lalu y seperti biasa kegereja saat perayaan natal yang mana biasanya natal pun dibagi persub yaitu natal sekolah minggu, natal remaja, natal naposobulung, natal ama-ina and yang puncaknya natal bersama. Berhubung jadwal kuliah bentrok maka mybe penulis hanya bias berkumpul saat natal puncaknya yaitu 24 malam and 25 pagi.
Kalo dilihat maka mybe tradisi diindonesia ini untuk menyambut natal sudah familiar, hmm tapi penulis ngk tau juga kalo ada beberapa perbedaan tapi sepertinya secara garis besar hamper sama. Nah klo begitu bagaimana dengan tradisi natal diluar negeri y…?? apa sama dengan didaerah alias Negara kita atau beda y..?? so lets cek it now

Natal di Australia

Di Australia, Natal jatuh di musim liburan yaitu mulai awal atau pertengahan Desember hingga awal Februari. Orang-orang Australia menggantungkan rangkaian bunga yang berbentuk melingkar di depan pintu rumah mereka. Di malam Natal, mereka juga berkeliling dari rumah ke rumah, menyanyikan lagu-lagu Natal yang gembira. Masyarakat juga menghias rumah-rumah dan juga taman-taman mereka dengan pohon Natal dan lampu-lampu Natal. Terkadang mereka mengadakan kompetisi kecil-kecilan untuk mendapatkan siapa yang meraih pajangan lampu terbaik.
Di setiap ibukota negara bagian terdapat paduan suara Natal yang besar dilengkapi cahaya lilin. Salah satu perayaan terbesar diselenggarakan di luar kubah terbesar di Australia. Para penonton berdiri di luar, masing-masing orang memegang sebuah lilin. Setiap tahunnya sekitar 100.000 atau lebih orang-orang yang menghadiri perayaan yang disiarkan di televisi di seluruh Australia. Ada juga pawai Natal yang sangat besar di setiap ibukota negara bagian. Sebagian besar kota-kota di Australia juga mengadakan festival dan parade. Di beberapa tempat, di taman-taman setempat diletakkan kembang api yang besar untuk memeriahkan perayaan Natal.

Natal di Republik Ceko

Sepanjang malam tanggal 6 Desember, anak-anak di Republik Ceko biasanya menyaksikan di langit berbagai tanda dari Santo Nicholas. Mereka percaya bahwa Santo Nicholas akan turun dari langit dengan membawa satu tas besar berisi hadiah-hadiah bagi anak-anak yang sepanjang tahun telah berbuat baik, dan satu tas besar berisi tongkat-tongkat untuk anak-anak nakal. Ketika anak-anak mengira bahwa mereka mendengar kedatangannya, mereka kemudian beramai-ramai menuju ke ruang makan dan mengucapkan doa-doa, berharap akan mendapat hadiah yang indah. Biasanya anak-anak ini mendapatkan beberapa hadiah kecil pada hari Santo Nicholas. Serupa dengan di Inggris dan beberapa negara lainnya anak-anak ini juga menemukan hadiah-hadiahnya di kaos-kaos kaki pada hari Natal. Hadiah utama seringkali dibuka pada malam Natal.
Pada hari Natal di Republik Ceko, binatang-binatang peliharaan dan binatang-binatang di peternakan juga ikut ngerayain Natal lho. Binatang-binatang ini dikasih makanan Natal yang spesial juga, yang dibagikan bersama-sama. Selain itu, orang-orang di Ceko juga punya kebiasaan unik di hari Natal. Pada hari Natal mereka sengaja meninggalkan makanan yang ditaruh dalam sebuah tempat, dengan tujuan agar bayi Kristus datang untuk mengambil makanan itu. Ada-ada saja yah?

Natal di Ghana

Orang-orang Ghana merayakan Natal mulai 20 Desember sampai minggu pertama bulan Januari. Malam Natal adalah saat di mana perayaan dimulai dengan kebaktian di gereja yang diiringi dengan tabuhan drum dan tari-tarian. Dalam kebaktian, Pastor mengingatkan jemaat mengenai alasan mengapa mereka berkumpul. Anak-anak biasanya memainkan drama kelahiran Kristus atau drama lainnya. Kemudian paduan suara mulai menyanyi dan orang-orang maju ke depan untuk mulai menari. Lagu-lagunya kebanyakan dinyanyikan dalam bahasa-bahasa yang paling dimengerti oleh masyarakat. Maklum, ada 66 bahasa yang digunakan di Ghana (kebayang kan bingungnya?). Ini membuat mereka merasa bahwa Allah berbicara dalam bahasa mereka. Kadang-kadang kebaktian-kebaktian dan tari-tarian ini berlangsung sepanjang malam.
Beberapa orang lainnya merayakan malam Natal dengan kembang api dan pesta-pesta. Pada hari natal, gereja-gereja menjadi sangat penuh, dan orang-orang keluar dengan pakaian tradisional mereka yang berwarna-warni. Setelah kebaktian Natal di gereja pada pagi hari, orang-orang cepat-cepat kembali ke rumah mereka dan mulai saling memberi dan menerima hadiah-hadiah.

Natal di Greenland

Di desa-desa di kutub, tempat tinggal orang-orang Eskimo, setiap keluarga sangat senang untuk saling mengunjungi dan mengadakan pesta pada hari Natal. Mereka minum kopi dan makan kue-kue serta saling bertukar parcel yang telah dibungkus dengan kertas berwarna terang. Hadiah-hadiah tradisionalnya seperti godam, sepasang taring beruang laut yang telah dihaluskan, atau sarung tangan dari kulit anjing laut. Setiap orang di desa mendapatkan sebuah hadiah dan anak-anak pergi dari pondok ke pondok menyanyikan lagu-lagu.
Pohon-pohon Natal harus diimpor karena tidak ada pohon-pohon yang tumbuh sampai sejauh utara Greenland. Mereka menghiasnya dengan lilin dan ornamen-ornamen yang bercahaya. Tarian-tarian dilakukan sepanjang malam. Setelah menikmati kopi, kue-kue dan menyanyikan lagu-lagu gembira, orang-orang Greenland kemudian menyediakan makanan yang sangat lezat yang disebut ‘mattak’, yaitu kulit ikan paus dengan potongan lemak di dalamnya.
Selain itu disajikan juga makanan yang disebut ‘kiviak’, terbuat dari kulit telanjang dari daging salah satu jenis burung Arctic kecil yang kemudian dipanggang seluruhnya dalam kulit anjing laut selama beberapa bulan, sampai mereka mendapatkan tingkat pembusukan tertinggi. Meskipun terdengar mengerikan, ini makanan yang sangat lezat di Greenland. Tradisi lain orang-orang Greenland di malam Natal, di mana para pria memperhatikan para wanita, melayani mereka dengan menghidangkan kopi dan menyeduhnya untuk mereka. Biasanya mereka juga mengadakan permainan.
Natal di Yunani
Di negeri yang terkenal dengan mitologi serta dewa-dewinya ini, malam Natal biasanya merupakan saat di mana anak-anak, terutama anak laki-laki, untuk pergi ke jalan-jalan sambil menyanyikan lagu-lagu natal yang gembira. Mereka memainkan drum dan kerincing, mengikuti irama sebagaimana lagu yang mereka nyanyikan.
Kadang-kadang mereka juga membawa kapal-kapalan yang dihias dengan biji-bijian yang dicat dengan warna emas. Membawa sebuah kapal adalah kebiasaan kuno di kepulauan Yunani. Biasanya jika anak-anak ini menyanyi dengan baik, mereka akan diberi uang atau kacang, kembang gula dan daun ara kering untuk di makan, oleh masyarakat setempat.

Natal di Belanda

Bagi sebagian besar anak-anak di Belanda, hari yang paling penting dalam perayaan Natal adalah 6 Desember, di mana Sinter Klaas – sebutan untuk Santa Claus (Amerika Serikat) ataupun Santo Nicholas (Inggris, Ceko, dll) di Belanda – akan tiba dan memberikan banyak hadiah untuk mereka. Pada pagi hari Sinter Klaas melakukan perjalanan ke Amsterdam dengan sebuah kapal, memakai jubahnya yang berwarna merah, bersama dengan pembantunya yang bernama Peter Si Hitam. Ketika Sinter Klaas dan Peter Si Hitam tiba turun dari kapal, semua lonceng gereja setempat dibunyikan, untuk menandai dimulainya prosesi perayaan Natal. Sinter Klaas kemudian memimpin sebuah prosesi sepanjang Amsterdam, mengendarai seekor kuda putih, untuk bertemu dengan Ratu Amsterdam di istana.
Pada malam menjelang hari kedatangan Sinter Klaas (5 Desember), anak-anak meninggalkan bakiak atau sepatu di luar rumah, supaya Sinter Klaas mengisinya dengan hadiah-hadiah. Mereka juga percaya jika mereka meninggalkan sejumlah rumput kering dan wortel di sepatu mereka untuk kuda Sinter Klaas, mereka juga akan mendapatkan sejumlah kembang gula yang ditinggalkan Sinter Klaas. Anak-anak biasanya menyerahkan kepada Peter Si Hitam, sebuah catatan yang mereka simpan dalam sebuah buku, tentang segala sesuatu yang telah mereka lakukan selama satu tahun. Anak-anak yang selalu berbuat baik akan mendapatkan hadiah dari Sinter Klaas, tetapi anak-anak yang nakal akan mendapat pukulan dari Peter Si Hitam dengan sebuah tongkat. Setiap kota kecil di Belanda memiliki beberapa pembantu Sinter Klaas, berpakaian sama dengan Sinter Klaas yang membantu membagikan hadiah-hadiah.
Pesta-pesta Sinter Klaas seringkali diselenggarakan pada malam harinya, di mana permainan mencari harta karun dimainkan dengan puisi-puisi yang memberikan petunjuk berupa teka-teki. Anak-anak mengikuti petunjuk untuk menemukan hadiah-hadiah kecil yang ditinggalkan oleh Sinter Klaas. Hari Natal sendiri lebih merupakan hari tenang di Belanda, yang diisi dengan kebaktian di gereja dan makan malam keluarga. Terkadang ada juga hari Natal spesial untuk Sekolah Minggu pada malam harinya di gereja, di mana kisah Natal dan kisah-kisah tradisional lainnya diceritakan.

Reaksi: 

0 Response to "Tradisi Natal di Berbagai Negara Bagi Umat Kristen"

Kawan ko titip pesan di bawah ini


Kawan ko titip pesan di bawah ini
ShoutMix chat widget

FEEDJIT Live Traffic Feed


jumlah pegungjun

Sample text

Nanggi Tehit




free hit counter


===
Jumlah pengunjun bendera negara

free counters

LINK'S BLOG

4l4m4t blo9 HERLINA
•^_^ • MAKABE WEBS • ^_^ • TEHIT BLOG • ^_^ • HERLINA BLOG • ^_^ • TWITTER HERLIN • ^_^ • YOUTUBE HERLIN • ^_^ • LIDIA BLOG • ^_^•KEHIDUPAN ANAK DESA • ^_^ • CORETAN RANTAU • ^_^ • PAPUA NEGERIKU • ^_^ • KEHIDUPAN ANAK PAPUA • ^_^•

About Me

Foto Saya
Herlina Makabe
Salah satu hal yang paling sukar di dunia adalah menerima kritik dan mengubahnya menjadi keuntungan bagi diri anda Aq baik kok tapi kalau marah bisah ngamuk kaya nyamuk M:ungkin e:ngkau y:ang bisa jadi teman QU
Lihat profil lengkapku

Followers

KAWAN CEK ALAMAT INI

KO KLICK Alamat ini


VIDEO WISUDA HERLIN


View My Stats

SUASANA RUMAH HERLIN

KAU AKU DAN DIA