Sunday 28 August 2011

Perempuan papua suka memakai Noken

Perempuan papua suka  memakai tas. Termasuk mungkin ibu dan saudari perempuanmu. Tapi tahukah kamu kalau tas juga bisa menjadi simbol kehidupan yang baik, perdamaian, dan kesuburan? Perempuan Papua, yang memiliki tas tradisional bernama Noken yang merupakan perlambangan dari hal-hal di atas tadi.

 Noken adalah kantong atau tas yang dijalin dari kulit kayu. Biasanya tas ini digantung di kepala atau leher perempuan Papua untuk membawa hasil bumi, bahkan dulu nenek moyang menggendong bayinya mengunakan noken”

Hal lain yang menarik dari tas tradisional ini adalah perempuan Papua tidak semuanya mengerti cara membuatnya/,menjahitnya...sebab ada tingkatang kesulitangnya...walau kita telah beberapa hari melihat dan memperhatikan cara menjahitnya .

Berbagai suku di Papua dan Papua Barat menyebut noken dengan berbagai nama. Kayu yang digunakan sebagai bahan baku juga berbeda-beda..

Bisa dijumpai di kampung-kampung di papua  ada perempuan perempuan papua yang suka membuat noken. Sebagai kenang kenangan untuk saudara  yang akan pergi tinggal mereka di kampung halamanya....ataupun oleh oleh bagi mereka  yang datang mengunjungi kampung mereka”

No comments:

Kumpulan Gambar Pemandangan di Teminabuan Sorong Selatan Papua Barat

 Gambar-gambar di Sorong Selatan Jembatan di Wersar Mangrove Seribau Pelabuhan Wersimar Mangrove Seribau Mangrove Seribau Gereja Alfa Wersar...