Wednesday 3 February 2010

Kabupaten Sorong Selatan

Kabupaten Sorong Selatan merupakan salah satu kabupaten yang dimekarkan pada tahun 2002. sebelumnya kabupaten ini masih merupakan bagian dari kabupaten sorong. Hingga saat ini pembangunan terus digalakan baik itu disektor pendidikan, kesehatan dan perekonomian.
kabupaten ini juga terkenal dengan kekayaan alamnya baik itu diatas permukaan tanah maupun didalam perut bumi. kekayaan diatas permukaan tanah mencakup hasil hutan berupa kayu merbau dan keragaman flora maupun fauna sebagai sumber plasma nutfah.
Kekayaan minyak dan gas bumi serta bahan tambang juga merupakan bagian dari kabupaten ini. berdasarkan hasil survey tim peneliti Unipa tahun 2006 dilaporkan bahwa terdapat batu bara yang tersedia di wilayah kabupaten ini tepatnya di distrik Aifat timur. dan selain batu bara terdapat juga kandungan emas dan gas bumi yang hnigga saat ini berlum terjamah.
Dengan jumlah kekayaan alam yang melimpah maka perlu adanya perhatian khusus dari pihak pemerintah tentang metode pendekatan yang perlu dilakukan guna pengelolaannya dan diharapkan dapat lebih memacu percepatan pembangunan kabupaten sorong selatan
Salah satu kekayaan alam yang tak akan pernah habis adalah sungai kamundan. sungai kamundan merupakan sungai terpanjang di kabupaten Sorong Selatan. sungai ini bermuara di disitrik Kais, dan sungai ini juga merupakan salah satu sumber mata pencaharian masyarakat setempat. hingga saat ini belum ada rencana konservasi untuk daerah aliran sungai tersebut sehingga sungai ini berpotensi mengalami kerusakan terutama akibat penebangan liar (ilegal logging) oleh ilegal loggers.

No comments:

Kumpulan Gambar Pemandangan di Teminabuan Sorong Selatan Papua Barat

 Gambar-gambar di Sorong Selatan Jembatan di Wersar Mangrove Seribau Pelabuhan Wersimar Mangrove Seribau Mangrove Seribau Gereja Alfa Wersar...